PERCOBAAN 4
Keypad dan LCD
1. Prosedur [Kembali]
- Rangkai seluruh komponen alat dan bahan yang diperlukan sesuai dengan kondisi percobaan yang dipilih.
- Buat program arduino pada aplikasi Arduino IDE sesuai dengan kondisi percobaan. Pastikan aplikasi Arduino IDE sudah mendownload library yang dibutuhkan dan sudah memilih board arduino yang sesuai.
- Verifikasi atau upload program pada arduino.
- Jalankan atau uji coba rangkaian yang telah dibuat, dengan memvariasikan keypad sesuai dengan kondisi.
- Perhatikan tampilan output pada LCD
- Rangkaian telah selesai dibuat.
3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip kerja [Kembali]
A. Rangkaian Praktikum
Prinsip Kerja
Pada percobaan ini terdapat keypad sebagai input dan LCD sebagai output yang akan menampilkan keluaran di monitor sesuai dengan tombol yang ditekan pada keypad. Pertama-tama keypad dihubungkan ke arduino dengan menyambungkan pin keluaran untuk baris dan kolom secara berurutan masing-masingnya. Baris - Arduino antara lain: R1 - 9, R2 - 8, R3 - 7, R4 - 6 dan kolom - Arduino antara lain: C1 - 5, C2 - 4, C3 - 3. Saat salah satu push button ditekan, itu menghubungkan baris dan kolom tertentu dalam matriks. Mikrokontroler kemudian memindai setiap baris secara bergantian untuk menemukan push button yang ditekan, lalu memindai setiap kolom untuk mengetahui push button mana yang ditekan dalam baris tersebut. Jika yang ditekan adalah tombol 1 pada keypad, maka pada LCD akan menampilkan "tombol = 1".
4. FlowChart [Kembali]
#include <Keypad.h>
#include <LiquidCrystal.h>
// Constants for row and column sizes
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 4;
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
// Array to represent keys on keypad
char hexaKeys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3', 'A'},
{'4', '5', '6', 'B'},
{'7', '8', '9', 'C'},
{'*', '0', '#', 'D'}
};
// Connections to Arduino
byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6};
byte colPins[COLS] = {5, 4, 3, 2};
// Create keypad object
Keypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
void setup() {
// Setup serial monitor
Serial.begin(9600);
lcd.begin(16, 2);
}
void loop() {
// Get key value if pressed
char customKey = customKeypad.getKey();
if (customKey) {
// Print key value to serial monitor
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print("Tombol :");
lcd.print(customKey);
}
}
B. Flowchart
5. Video Demo [Kembali]
6. Kondisi [Kembali]
Ketika angka yang diklik pada keypad akan dibaca oleh Arduino dan arduino akan memberikan perintah untuk menampilkan angka tersebut pada LCD
7. Download File [Kembali]
Download HMTL klik disini
Download Simulasi Rangkaian klik disini
Download Video Demo klik disini
Download Datasheet ARDUINO UNO klik disini
Download Datasheet Keypad klik disini
Download Datasheet LCD 2X16 klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar